KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
1. Menerapkan operasi pada bilangan
riil
|
§ Sistem bilangan real
§ Operasi pada bilangan bulat
§ Operasi pada bilangan pecahan
§ Konversi bilangan
§ Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen
§ Penerapan bilangan real dalam menyelesaikan masalah program keahlian
|
§ Membedakan macam-macam bilangan real
§ Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur
§ Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur
§ Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, pecahan desimal, atau persen
dan sebaliknya
§ Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
§ Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi
bilangan riil
|
§ Mengoperasikan dua atau lebih bilangan bulat (menjumlah, mengurangi,
mengalikan, membagi) sesuai dengan prosedur
§ Mengoperasikan dua atau lebih bilangan pecahan, (menjumlah, mengurangi,
mengalikan, membagi) sesuai dengan prosedur
§ Mengkonversi bilangan pecahan ke bentuk persen, atau pecahan desimal,
sesuai prosedur
§ Menggunakan konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan
persen dalam pe-nyelesaian masalah program keahlian
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
§ Matematika SMK Kelas X/1 Penerbit Erlangga
|
|||
2. Menerapkan operasi pada bilangan
ber-pangkat
|
Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
Operasi pada bilangan ber-pangkat
Penyederhanaan bilangan berpangkat
|
Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan berpangkat
Melakukan perhitungan operasi bilangan berpangkat dengan menggunakan
sifat-sifatnya
Menyederhanakan bilangan berpangkat
Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan bilangan
berpangkat
|
§ Mengoperasikan bilangan berpangkat sesuai dengan sifat-sifatnya.
§ Menyederhanakan atau menentukan nilai bilangan berpangkat dengan
menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat
§ Menerapkan konsep bilangan berpangkat dalam penyelesaian masalah.
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
§ Matematika SMK Kelas X/1 penerbit Erlangga
|
|||
3. Menerapkan operasi pada bilangan
irasional
|
§ Konsep bilangan irasional
§ Operasi pada bilangan bentuk akar
§ Penyederhanaan bilangan bentuk akar
§ Bentuk akar digunakan untuk :
-
Perhitungan konversi
ukuran
|
§ Mengklasifikasi bilangan riil ke bentuk akar dan bukan bentuk akar.
§ Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan irasional
§ Melakukan operasi bilangan irasional
§ Menyederhanakan bilangan irasional
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan irasional
|
§ Mengoperasikan bilangan bentuk akar sesuai dengan sifat-sifatnya.
§ Menyederhanakan atau menentukan nilai bilangan bentuk akar dengan
menggunakan sifat-sifat bentuk akar
§ Menerapkan konsep bilangan irasional dalam penyelesaian masalah.
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
8
|
|||
4. Menerapkan konsep logaritma
|
§ Konsep logaritma
§ Operasi pada logaritma
|
§ Menjelaskan konsep logaritma
§ Menjelaskan
sifat-sifat logaritma
§ Menggunakan tabel
logaritma
§ Melakukan operasi logaritma dengan sifat-sifat
logaritma
§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan logaritma
|
· Menyelesaikan operasi logaritma sesuai dengan sifat-sifatnya.
· Menyelesaikan soal-soal logaritma dengan menggunakan tabel dan tanpa
tabel
· Menyelesaikan permasalahan program keahlian dengan menggunakan logaritma
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
10
|
§ Matematika SMK Kelas X/1 penerbit Erlangga
|
||
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1. Menerapkan konsep kesalahan
pengukuran
|
§ Membilang dan mengukur
§ Salah mutlak dan salah relatif
§ Menentukan persentase ke-salahan
§ Menentukan toleransi hasil pengukuran
|
§ Membedakan pengertian membilang dan mengukur
§ Melakukan kegiatan pengukuran terhadap suatu obyek
§ Menghitung kesalahan ( salah mutlak dan salah relatif) suatu pengukuran
§ Menghitung prosentase kesalahan suatu pengukuran
§ Menghitung toleransi hasil suatu pengukuran
§ Menerapkan konsep kesalahan pengukuran pada Program Keahlian
|
§ Membedakan hasil membilang dan mengukur berdasar pengertiannya
§ Menentukan hasil pengukuran salah mutlak dan salah relatifnya
§ Menghitung persentase kesalahan berdasar hasil pengukurannya
§ Menghitung toleransi berdasar hasil pengukurannya
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
8
|
§ Matematika SMK Kelas X/1penerbit Erlangga
|
2. Menerapkan
konsep operasi hasil pengukuran
|
§ Jumlah dan selisih hasil pengukuran
§ Hasil kali pengukuran
|
§ Melakukan kegiatan pengukuran terhadap suatu obyek
§ Menghitung jumlah dan selisih hasil pengukuran
§ Menghitung hasil maksimum dan minimum suatu pengukuran berdasarkan jumlah
dan selisih hasil pengukuran
§ Menghitung hasilkali dari suatu pengukuran
§ Menghitung hasil maksimum dan minimum suatu pengukuran berdasarkan
hasilkali dari hasil pengukuran
§ Menerapkan hasil operasi pengukuran
pada bidang program keahlian
|
§ Menghitung jumlah dan selisih hasil peng-ukuran untuk menentukan hasil
maksimum dan hasil minimumnya
§ Menghitung hasil kali
pengukuran untuk menentukan hasil
maksimum dan hasil minimumnya
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
8
|
§ Matematika SMK Kelas X/1 Penerbit Erlangga
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1. Menentukan himpunan penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan linier
|
§ Persamaan dan pertidaksamaan linier serta penyelesaiannya
|
§ Menjelaskan pengertian persamaan linier
§ Menyelesaikan persamaan linier
§ Menjelaskan pengertian pertidaksamaan linier
§ Menyelesaikan pertidaksamaan linier
§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier
|
§ Menentukan persamaan linier penyelesaiannya
§ Menentukan penyelesaian pertidaksamaan linier
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
5
|
§ Matematika SMK Kelas X/1 penerbit Erlangga
|
2. Menentukan himpunan penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
§ Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta penyelesaiannya
§ Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya
|
§ Menjelaskan pengertian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
§ Menjelaskan akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya
§ Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
§ Menentukan penyelesaian persamaan kuadrat
§ Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat .
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
||
3. Menerapkan persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat
|
§ Menyusun persamaan kuadrat
§ Penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat dalam program keahlian
|
§ Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar yang diketahui
§ Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain
§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat
|
§ Menyusun persamaan kuadrat
berdasarkan akar-akar yang diketahui
§ Menyusun persamaan kuadrat baru berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain
§ Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat dalam menyelesaikan
masalah program keahlian
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
||
4. Menyelesaikan sistem
persamaan
|
§ Sistem persamaan linier dua dan tiga variabel
§ Sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu kuadrat
|
§ Memberi contoh sistem persamaan linier dua variabel dan tiga variabel
§ Menyelesaikan sistem persamaan linier dengan metode eliminasi,
substitusi, atau keduanya
§ Memberi contoh sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu
kuadrat
§ Menyelesaikan sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu
kuadrat
|
§ Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua dan tiga variabel
dapat .
§ Menentukan penyelesaian sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier
dan satu kuadrat .
|
§ Kuis
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
§ Matematika SMK Kelas X/1
§ Modul Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier dan kuadrat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jangan lupa berikan komentarmu di sini ya :D